Motivasi Cabor Menjadi Pemenang

hoslih1Porprov III/2011 di Kediri sudah kita lalui dengan sukses mempertahankan juara umum untuk ketiga kalinya. Secara umum tak terbantahkan, prestasi Kota Surabaya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, tak tersaingi kota dan kabupaten lain.

Jika di Porprov II/2009 di Malang Raya hanya unggul dengan enam medali emas dari Kota Malang, kali ini telak dan hampir dua kali lipat perolehan medali dari peringkat kedua itu. Bahkan Surabaya bisa unggul dengan akumulasi perolehan medali delapan cabor saja.

Kempo, Gulat, Selam, Renang, Panahan dan Senam sudah mengoleksi 52 medali emas. Sementara Kota Malang dari 26 Cabor hanya memperoleh 47 medali emas. Maka sebenarnya Surabaya lebih konsisten dalam pembinaan pada 42 Cabang olahraga anggotanya, yang secara terus menerus saling berpacu untuk menjadi unggulan dan menjadi lumbung medali di pesta olahraga dua tahunan ini.

Toh dari seluruh Cabor yang dipertandingkan, ada beberapa yang belum mencapai harapan dan kalah telak dari daerah lain. Misalnya atletik dan angkat besi menjadi Cabor non medali emas meski keduanya ladang madali yang subur, yakni  mempertandingkan 51 keping medali.

Ini menjadi perhatian dan tantangan kita untuk dua tahun ke depan, dan tentu saja dengan mendekatkan anak-anak muda untuk berpartisipasi di atletik maupun angkat besi. Agar bibit-bibit unggul berperan aktif, tak ada pilihan yang paling jitu yakni dengan menggelar event-event untuk mereka.

Tantangan awal adalah pemassalan, dan dari event-event lokal diharapkan muncul juara-juara muda Surabaya. Inilah sesungguhnya persemaian bibit dan potensi yang terus menerus dalam event selama dua tahun ini. Tahun depan kita berharap motivasi cabor yang belum mempersembahkan emas meningkat dengan menggelar event sepanjang tahun.

Juara-juaranya digembleng di Puslatcab, maka pada Porprov 2013 akan masuk dalam SIAP Grakk yang benar-benar siap mempersembahkan emas-emas bagi Kota Pahlawan. Kita ingin melihat atletik, angkat besi, binaraga, sepaktakraw memberikan kontribusi yang jauh lebih baik, membanggakan dan menjadi pemenang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *